Senin, 10 Oktober 2016

Tempat Yang Dikunjungi Saat Umroh



Melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci – Arab Saudi tentunya sangat banyak tempat-tempat yang akan kita kunjungi, yang mengandung nilai sejarah tentang perkembangan peradaban Islam. Selain niat utama beribadah umroh, ketika berada di Jazirah Arab kita juga secara tidak langsung melakukan tour (traveling) atau wisata yang bersifatnya Islami, baik di kota Madinah maupun di kota Mekkah.

Berikut beberapa tempat yang dikunjungi ketika umroh dan sangat disarankan bila waktu dan keadaan yang memungkinkan :
  1. Bir Ali dan Tan'im
    Kedua tempat ini merupakan tempat atau lokasi untuk melakukan permulaan awal ibadah umroh atau miqot, dengan mengenakan pakaian ihram serta mengucapkan niat ibadah umroh. Perbedaan keduanya, yaitu Bir Ali terletak di Kota Madinah dan merupakan syarat umroh yang paling utama/wajib. Sedangkan Tan'im berada di Kota Mekah dan merupakan sunah umroh atau syarat umroh kedua.
  2. Ka’bah dan Masjidil Haram
    Kedua tempat ini terletak di Kota Mekah-Arab Saudi dan merupakan tempat paling utama dalam melakukan rangkaian prosesi ibadah umroh. Ka’bah adalah tempat utama bagi para jamaah haji maupun umroh untuk melakukan Tawaf, sedangkan Masjidil Haram menjadi tempat utama untuk melakukan sholat. Dengan melakukan sholat di masjid ini kita mendapatkan pahala 100.000 kali dibanding tempat lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjid Aqsa.
  3. Maqom Ibrahim
    Maqom Ibrahim tidak sama dengan Kuburan (makam) Ibrahim. Inilah yang terkadang menjadi salah dalam penafsiran. Tidak jarang dari kita terkadang salah dalam mengartikan Maqom Ibrahim ini. Maqom Ibrahim sebenarnya adalah sebuah symbol bagi umat muslimin (Islam) untuk penghormatan terhadap pembangunan Ka’bah (Baitullah) sehingga tempat ini berada di dekat Ka’bah itu sendiri. Sangat dianjurkan bagi kita ketika sedang melaksanakan haji atau Umroh ke tanah suci untuk melaksanakan sholat sunnah menghadap Maqom Ibrahim tersebut.
  4. Bukit Shafa dan Marwah
    Adalah 2 (dua) bukit kecil yang berada di Kota Mekah-Jazirah Arab. Diantara keduanya (Shafa dan Marwah) inilah para jamaah umroh melakukan Sa’i dengan berlari-lari kecil hingga berjalan biasa. Setelah selesai melakukan rukun umroh/haji, di bukit Marwah merupakan tempat untuk melakukan Tahalul atau bercukur menandakan selesainya prosesi ibadah umrohnya.
  5. Masjid Nabawi
    Masjid Nabawi merupakan masjid terbesar kedua di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah masjid pertama, yaitu Masjid Quba. Dan disinilah juga beliau dan sahabatnya dimakamkan. Terletak di Kota Madinah masjid ini beridiri dengan megah dan luas. Bagi para jamaah umroh, disinilah menjadi permulaan persiapan untuk menjalankan prosesi ibadah umroh berikutnya.
  6. Raudhoh
    Rasanya tidak lengkap jika kita beribadah umroh tidak berziarah ke tempat yang istimewa ini. Raudhoh namanya. Merupakan sebuah ruangan yang terletak di Masjid Nabawi – Madinah. Terletak diantara kamar Rasul dan mimbar yang digunakan untuk berdakwah. Disini menjadi tempat kunjungan ziarah favorite dan tidak pernah sepi dari jamaah. Karena di Raudhoh ini diyakini sebagai tempat yang makbul untuk memanjat do’a kepada Allah SWT.

Demikian beberapa tempat yang dikunjungi ketika umroh, baik di kota Madinah maupun di Kota Mekkah. Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin momen tersebut.


Related Posts

Tempat Yang Dikunjungi Saat Umroh
4/ 5
Oleh